Tutorial llmu llmu komputer dan download program gratis

Menambahkan Form berisi Sub Form pada Access 2007

Ketika anda bekerja dengan banyak table yang berelasi, anda pasti ingin menampilkan data dari beberapa table atau query dalam satu form. Misalnya anda ingin melihat data pemasok, bersamaan dengan itu anda juga ingin melihat detail barang apa saja yang dipasok oleh pemasok tersebut. Sub form merupakan cara yang tepat untuk mengerjakan itu. Main formnya merupakan data pemasok, sedangkan sub formnya adalah data barang.

Sub form bisa dibuat dari data yang mempunyai relasi one to many. One merupakan main form, dan many merupakan subform. Misalkan kita ingin membuat form yang menampilkan vendor hp dan jenis hp. Untuk lebih mudahnya download terlebih dahulu databasenya di sini.

  1. Pada tab Create, di group Forms, klik More Forms, kemudian klik Form Wizard.



  2. Pada kotak dialog Form Wizard, masukkan Field kodeven dan namaven yang diambil dari tabel vendor, kodehp, tipehp, dan hargahp dari tabel hp. Kemudian klik Next.



  3. Pada pilihan "How do you want to view your data?", pilih by vendor. Pilih opsi Form with subform(s) di kanan bawah. Kemudian klik Next.



  4. Pada pilihan "What layout would you like for your sub form?", pilih Datasheet, kemudian klik Next.



  5. Pilih style yang anda inginkan, kemudian klik Next.



  6. Beri nama untuk Form dan Subform, kemudian klik Finish.



    Hasilnya seperti tampilan di bawah ini:



    Geser tanda panah untuk berpindah ke record berikut atau sebelumnya.

  7. Access akan membuatkan dua form yaitu main form dan sub form dengan nama yang sudah anda berikan pada langkah 6. Untuk membuka keduanya buka main form pada Navigation . Bila anda hanya ingin melihat detailnya atau sub formnya. Buka subform pada Navigation Pane.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menambahkan Form berisi Sub Form pada Access 2007

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan kirimkan komentar atau merequest tutorial...